PC NU Apresiasi Kunjungan Bawaslu Batubara

Pengurus PC NU Batubara bersama Komisioner Bawaslu berfoto usai kegiatan sosialisasi Kamis, (23/2/2023). 

BATU BARA | jelajahsumut.com, PC NU Batubara mengapresiasi kunjungan Bawaslu Batubara duduk bersama dalam mengimplementasikan UU No. 7 Tahun 2017 tentang Pemilu dan tupoksi Bawaslu agar terhindar gagal paham. Hal ini disampaikan H. Bakhtiar Mogaza, S.Pd, M.Hum melalui pesan whatsapp, Jumat (24/2/2023). 

"Kami menyambut baik misi Bawaslu Batubara meningkatkan partisipasi masyarakat Pemilu 2024 dan berharap kerjasama Bawaslu dan PC NU Batubara terjalin dalam setiap kegiatan," ujar Ketua PC NU Batu Bara. 

Senada hal itu, Rois Syuriyah Kyai Tahan Siregar, S.Ag menimpali bahwa PC NU Batubara siap menjadi mata dan telinga bagi Bawaslu dalam menjalankan pengawasan tahapan pemilu sesuai aturan agar Pemilu 2024 di Batubara bermartabat dan kondusif, ucap Kiyai Tahan Siregar. 

Sebelumnya, Bawaslu Batubara melakukan kunjungan sebagai sinergitas dalam mensukseskan Pemilu 2024, dalam acara temu ramah dengan PC NU Batubara disambut dan dihadiri PC. Muslimat, Ketua Banom, Ketua MWC NU Kecamatan se- Kabupaten Batubara, berlangsung di Sekretariat PC NU Kamis 23 Februari 2023.

Sementara itu, Alen Sitohang Komisioner Bawaslu Kabupaten Batubara dalam acara temu ramah tersebut merasa akrab dan menerima kontribusi pemikiran dari NU yang positif dari segala aspek pandangan agar pemilih merasa berkewajiban ikut Pemilu 2024, ujarnya. 

Allen juga menjelaskan, bahwa tahapan Pemilu 2024 sudah dimulai dan Bawaslu sebagai pengawas pemilu sangat mengharapkan peran serta NU Batu Bara untuk bersama-sama melakukan pengawasan partisipatif.

“Saat ini tahapan pemutakhiran data pemilih dan verifikasi faktual bakal calon DPD kesatu sedang berlangsung. Tujuan dilakukan pemutakhiran data pemilih memastikan data tersebut mempunyai keabsahan sebagai pemilih,dan tujuan dilakukan verifikasi faktual Bakal calon DPD kesatu memastikan jumlah data dukungan calon memenuhi syarat sebagai data pendukung,” jelasnya.

Untuk itu, Allen mengharapkan dengan adanya kerjasama Bawaslu Batubara dengan Organisasi NU terhadap pelaksanaan pesta demokrasi mendatang, agar berjalan lancar dengan tujuan menghasilkan pemimpin Batubara sesuai yang diharapkan.

Sedangkan dalam pembahasan yang santai Alen juga mengatakan bahwa peran organisasi PC NU Batubara dalam menyukseskan Pemilu 2024 dimana partisipasi tersebut dapat menjadi perpanjangan tangan Bawaslu menyampaikan pengetahuan kepemiluan, tutupnya, (Red).