Tingkatkan Kemampuan Personil, Polres Batu Bara Gelar Pelatihan


BATU BARA | jelajahsumu.com, Polres Batu Bara melalui bagian SDM, gelar Pelatihan Peningkatan Kemampuan Fungsi Teknis Reskrim yang dibuka Kasubbag Dalpers SDM Polres Batu Bara AKP Jamson Manurung S.Pd yang bertempat di Aula Wira Pradana Lt. II Polres Batu Bara, Rabu (15/02/2023).

AKP Jamson Manurung, S.Pd pada kesempatan tersebut mengatakan, "Adapun tujuan pelaksanaan pelatihan ini untuk meningkatkan kemampuan dan profesionalitas anggota Polres Batu Bara dalam melaksanakan tugas di lapangan maupun administrasi penyidikan dan juga agar personel siap dalam menghadapi tugas Polri yang semakin berat kedepannya,” ungkapnya.

Kasat Reskrim AKP Jhon Heber Tarigan SH dalam arahannya mengatakan, "Bertugas di fungsi Reskrim harus selalu sesuai dengan prosedur yang ada, salah satunya dengan menerbitkan Surat Pemberitahuan Perkembangan Hasil Penyidikan (SP2HP) merupakan hak bagi pelapor, baik diminta atau tidak diminta secara berkala,” ungkapnya.

Jhon menambahkan, "Hal ini dimaksudkan untuk menjamin transparansi dalam penyelidikan maupun penyidikan, jangan sampai kita tidak memberikan pelatihan ini, kalau sampai salah menetapkan tersangka karena kurang alat bukti, Polisi dapat di praperadilan kan nantinya,” tegasnya.

Acara dilanjutkan dengan pemberian materi pelatihan dari Instruktur oleh KBO Satreskrim IPTU Abdi Tansar, SH, MH. Sementara beliau menerangkan bahwa latihan fungsi ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan para personil saat berhadapan dengan perkara tindak pidana pencurian dengan kekerasan, pencurian dengan pemberatan dan pencurian kendaraan bermotor, sehingga tidak salah bertindak yang berakibat fatal bagi proses selanjutnya," ungkapnya, (Red).