Pj Bupati Batu Bara Buka Tradisi Pesta Tapai Secara Resmi

BATU BARA | jelajahsumut.com, Pj. Bupati Batu Bara Nizhamul membuka tradisi tahunan menjelang ramadhan kegiatan pesta tapai secara resmi di desa Dahari Selebar Kecamatan Talawi Kabupaten Batu Bara, Sabtu Malam (24/02/2024). 

Pj Bupati menyampaikan bahwa pembukaan pesta tapai ini sudah lama direncanakan oleh Pemkab Batu Bara namun karena berdekatan dengan urgensi pelaksanaan Pemilu sehingga malam ini dapat dilaksanakan pembukaan secara resmi. 

Sementara itu, Amir salah satu masyarakat Desa Dahari Selebar menyebutkan bahwa perayaan Pesta tapai merupakan tradisi tahunan masyarakat pesisir untuk menyambut bulan suci ramadhan dengan cara berjualan makanan khas melayu seperti tapai, lemang, dodol dan berbagai makanan tradisional olahan masyarakat sekitar. 

Kegiatan pesta tapai ini nantikan akan ditutup dengan punggahan menjelang 2 atau 3 hari memasuki bulan ramadhan. Tradisi punggahan dengan memotong hewan kerbau itu sendiri sudah ada sejak turun temurun tahun ke tahun, tutur Amir salah satu warga sekitar masyarakat Melayu Pesisir Kabupaten Batu Bara. 

Turut hadir dalam pembukaan pesta tapai Pj Bupati Batu Bara Nizhamul, Kapolres Batu Bara, Sekda Batu Bara, Kadispora dan Para OPD Pemkab Batu Bara dan serta Kades-kades desa terdekat. (Asrizal),