HUT ke-44 Pujakesuma Dihadiri Pj. Bupati Batu Bara dan Bupati Asahan


BATU BARA | Jelajahsumut.com, Pj. Bupati Batu Bara, H. Heri Wahyudi Marpaung bersama Bupati Asahan H. Surya, menghadiri perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-44 Putra Jawa Kelahiran Sumatera (Pujakesuma) yang diadakan di Desa Mangkai Baru, Kecamatan Lima Puluh, Senin (29/07/2024) malam.

Acara dimulai dengan kenduri Suroan yang diisi dengan pemanjatan doa tolak bala dan makan bersama. Turut hadir dalam acara tersebut Kapolres Batu Bara AKBP Taufik Hidayat Thayeb, Sekda Norma Deli, Sekda Asahan Zainal Arifin, Ketua MPO Pujakesuma Batu Bara Asmunan, Kepala OPD Kabupaten Batu Bara dan Kepala OPD Asahan.

Dalam sambutannya, Bupati Asahan Surya, menyatakan bahwa dirinya bukanlah orang baru di Batu Bara. 

"Ketika Kabupaten Batu Bara pertama kali mekar dari Kabupaten Asahan, saya pernah menjabat sebagai Ketua DPRD. Jadi, Kabupaten Batu Bara merupakan bagian dari saya," ungkapnya.

Sebagai tokoh Jawa di Sumatera Utara, Surya mengajak warga etnis Jawa untuk tetap kompak dan satu tujuan dalam membangun negara serta melestarikan kebudayaan. 

Sementara itu, Pj. Bupati Batu Bara, Heri Wahyudi, menilai bahwa kegiatan seperti Suroan harus tetap dilestarikan karena merupakan bagian dari adat dan kebudayaan yang menjadi identitas bangsa, khususnya etnis Jawa. 

Pj. Heri Wahyudi juga menegaskan pentingnya sosok seperti Bupati Asahan Surya dalam pembangunan Sumatera Utara. 

"Bapak Surya adalah pemimpin yang saya hormati dan kagumi. Beliau sederhana dan tidak arogan dalam kepemimpinannya. Hal inilah yang membuatnya cocok memimpin Sumatera Utara menjadi provinsi yang berkah," ujarnya.

Perayaan HUT ke-44 Pujakesuma ditutup dengan pentas seni reog dan jaran kepang menambah kemeriahan acara yang berlangsung penuh semangat kekeluargaan dan kebersamaan. (Asrizal),