Dinkes P2KB Batu Bara Berikan Masyarakat Asupan Makanan Bergizi Cegah Stunting


BATU BARA | Jelajahsumut.com, Dalam rangka menekan angka penurunan stunting Dinas Kesehatan Kabupaten Batubara memberikan program makanan tambahan (PMT) berbasis pangan lokal kepada ibu hamil dan balita mulai Juli 2024. Hal ini dikatakan Kabid PKM dr Abdul Fuad Helmi, di Lima Puluh, Senin (09/09/2024). 

Dijelaskan Fuad, bahwa Program PMT tersebut dikerjakan melalui tim pelaksana dari Puskesmas dan para kader Posyandu yang ada di desa dan kelurahan masing - masing. 

Didampingi petugas gizi dari Puskesmas, tim pelaksana di setiap desa dan kelurahan bertugas memasak sesuai daftar menu yang telah disiapkan dengan memperhatikan pemenuhan menu gizi seimbang, ujarnya. 

Selanjutnya, menu PMT akan diantarkan langsung ke rumah-rumah sasaran, yaitu ibu hamil dan balita yang berisiko stunting. Sasaran penerima PMT berbasis pangan lokal ini adalah balita dan ibu hamil yang sudah didata oleh pihak Puskesmas melalui bidan desa masing - masing desa, papar Fuad kepada wartawan.

Salah seorang warga Aisyah mengucapkan terimakasih atas bantuan makanan bergizi yang diberikan Dinas Kesehatan Batu Bara sehingga bantuan ini dapat meringankan sedikit biaya pengeluaran rumah tangga untuk memenuhi kebutuhan asupan gizi kepada keluarga khususnya anak-anak, ujarnya. 

"Kami berterimakasih kepada Dinas Kesehatan yang sudah memberikan makanan untuk pencegahan stunting, dan semoga Dinas Kesehatan Batu Bara sukses dalam menjalankan program untuk masyarakat," ungkapnya. (Red),