Ketua Dekranasda Sumut Apresiasi Pemkab Batu Bara


BATU BARA | jelajahsumut.com, Diharapkan gedung tersebut dapat difungsikan secara maksimal dan mampu menunjang perekonomian daerah. Hal ini disampaikan Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Sumatera Utara (Sumut) Nawal Lubis saat meresmikan Gedung Dekranasda Kabupaten Batubara, Kamis (19/1/2023). 

Menurut Nawal, Gedung Dekranasda dapat berfungsi sebagai tempat pelatihan, promosi dan pengembangan produk UMKM, serta lainnya. Sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan para pelaku UMKM atau pengrajin dan perekonomian daerah.

Kabupaten/kota lainnya di Sumut juga diharapkan memiliki Gedung Dekranasda. Agar potensi sumber daya yang ada di daerah kabupaten/kota dapat dikembangkan.

Nawal juga mengapresiasi Gedung Dekranasda Batubara yang baru diresmikan tersebut. Apalagi letaknya yang strategis di Jalan Lintas Sumatera, akan menarik perhatian masyarakat yang melintas. Bahkan bisa menjadi salah satu destinasi wisata di daerah. "Semoga ini dapat kita gunakan sebaik-baiknya, " katanya. 

Selain itu, Nawal juga mengajak Dekranasda Kabupaten/Kota untuk memanfaatkan stan pameran di lokasi peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2023 mendatang, yang disiapkan untuk masing-masing kabupaten/kota. “Saya berharap karena banyaknya tamu seluruh Indonesia, saya harapkan dapat dimanfaatkan stan-stan itu,” katanya. 

Gedung Dekranasda Batubara memamerkan berbagai produk UMKM terutama kerajinan dari Sumut. Tampak songket Melayu, berbagai macam keripik hingga kepah serai kemasan. Bupati Batubara Zahir juga mengatakan salah satu produk unggulan kabupatennya adalah songket Batubara, (Red).