Persiapan HPN 2023, Dekranasda Sumut Gelar Pertemuan dengan Pengrajin

SUMUT | jelajahsumut.com, Ketua Dewan Kerajinan Nasional (Dekranasda) Sumatera Utara (Sumut) Nawal Lubis bertemu dengan sejumlah pengrajin kain tenun dan songket berbagai daerah di Rumah Dinas Gubernur, Jalan Jenderal Sudirman, Nomor 41 Medan, Kamis (5/1/2023). Hal tersebut dalam rangka persiapan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2023 di Sumut, Februari mendatang.

Ketua Dekranasda Sumut Nawal Lubis mengumpulkan para pelaku UMKM, pengrajin kain tenun dan songket dari berbagai suku yang ada di Sumut, seperti songket Batubara (Melayu), Karo, Toba, Mandailing, Pakpak, Angkola dan Simalungun dengan corak dan motif yang beragam.

Dalam pertemuan tersebut, Nawal saling berbincang dan tukar pendapat dengan para pengrajin,  terkait rencana penggunaan pakaian khas Sumut dari beberapa corak budaya yang ditampilkan dalam bentuk pakaian khusus atau seragam. Termasuk nantinya akan digunakan oleh Presiden RI Joko Widodo pada pembukaan HPN Februari di Sumut.

Nawal Lubis pun disuguhi berbagai tawaran corak dan motif kain tenun/songket oleh para pengrajin. Dimana nantinya akan disesuaikan dengan ciri khas Sumut yang terdiri dari berbagai suku budaya dan produk kerajinan. Sehingga HPN di provinsi ini memiliki warna tersendiri saat dihadiri oleh insan pers dari seluruh nusantara.

Sementara Kadis Kominfo Sumut Ilyas Sitorus mengungkapkan, bahwa pertemuan tersebut agar Ketua Dekranasda Sumut bisa melihat langsung dan berdialog bersama  pengrajin, untuk menentukan corak seperti apa yang akan digunakan nantinya pada peringatan HPN, dimana provinsi ini menjadi tuan rumahnya, (Red).