Brigade BKPRMI Batubara Ragukan Kualitas Pengawas Pemilu Desa Kelurahan

BATU BARA | jelajahsumut.com, Bagaimana kita membayangkan kualitas Pemilu tahun 2024 akan datang, sementara Panwaslu Kecamatan yang di rekrut oleh Bawaslu Kabupaten belum mendapat pembekalan sama sekali namun sudah merekrut Panwaslu Desa Kelurahan. Hal ini dikatakan Brigade BKPRMI Batu Bara Bima Pasaribu, SH di Blok 8 Kelurahan Lima Puluh Kota, Kecamatan Lima Puluh, Senin (13/2/2023). 

Bima sangat pesimis dengan kualitas Pengawas Pemilu yang akan datang, melihat tenaga pengawas pemilu yang direkrut hingga saat ini belum dibekali pengetahuan pemilu dan mayoritas baru-baru belum ada pengalaman penyelenggara Pemilu sebelumnya. 

"Kita sudah melihat pola rekrutmen setiap penyelenggara, Bawaslu beserta jajarannya, yang mengkuatirkan jajaran Panwaslu Desa Kelurahan yang direkrut oleh Panwascam dengan metode wawancara sesuai Perbawaslu," ujar Bima. 

Menurut Bima, diketahui Panwascam diduga belum mendapat pembekalan dan bimtek yang kredibel sebelumnya dalam merekrut bawahannya misalnya Panwas Desa Kelurahan (PKD), dan mayoritas Panwascam ini baru-baru belum berpengalaman, sehingga hasil dari rekrutnya patut diragukan oleh pihak terkait, ujar Bima Pasaribu, (Red).