Hikmah Kisah Qais & Laila (Laila-Majnun)


BATU BARA | jelajahsumut.com, Pada suatu hari Qays dikejutkan dengan seekor anjing dari kampung Layla yang sekonyong-konyong berjalan melewatinya. Qays segera mengukutinya dengan harapan ia menemukan tempat di mana Layla berada. Di tengah perjalanan Qays melewati sekelompok orang kampung sedang shalat berjamaah, tetapi Qays tidak melihat mereka lantaran ia terlalu fokus mengejar anjingnya si Layla.

Setelah Qays pulang, sekelompok orang yang tadi melakukan shalat jamaah bertanya kepada Qays: Wahai Qays, tadi kau melewati kami saat kami sedang shalat. Kenapa kau tidak ikut shalat berjamaah dengan kami?. 

Qays: Demi Allah, saat kalian sedang shalat berjamaah aku sama sekali tidak melihat kalian. Bila kalian benar-benar cinta kepada Allah sebagai mana diriku kepincut dengan Si Layla, pastilah kalian tidak melihat aku saat kalian shalat. 

Padahal kalian sedang beraudiensi dengan Allah tetapi mengapa kalian masih bisa memperhatikan diriku. Aku saja yang mengejar anjing kepunyaan Layla pujaan hatiku sama sekali tidak melihat kalian, (Red)

Penulis: Ustadz Isa