Ketua PD. IPHI Batu Bara Hadiri Pembukaan Manasik Haji KBIHU Mahabbah Fadilatul Haramain


BATU BARA | jelajahsumut.com, Ketua Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah (KBIHU) Mahabbah Fadilatul Haramain Ustaz Fadly, S.PdI menyampaikan bahwa calon haji 2023 yang ikut bimbingan manasik haji sebanyak 83 peserta dari Kecamatan Medang Deras, Sei Suka, Laut Tador dan Air Putih. Bimbingan manasik haji yang dilaksanakan KBIHU Mahabbah Fadilatul Haramain bagi calon haji 2023 di Mesjid Akasyah Nurul Islam desa Pakam Raya Kecamatan Medang Deras, Minggu (26/2/2023). 

Ustaz Fadly dalam laporannya menyampaikan, bahwa kegiatan ini merupakan pembekalan tentang pelaksanaan haji agar menunaikan ibadah haji yang penuh sakral sesuai Sunnah Rasulullah, sebab haji mabrur tidak ada tempat selain syurga, ujarnya. 

"Dalam bimbingan manasik haji kita budayakan dan dipraktekan kedisiplinan, taat aturan dan kebersamaan dengan semangat ukhuwah", jelas Ustaz Fadly . 

Disamping itu, Ketua Pengurus Daerah Ikatan Persatuan Haji Indonesia (PD. IPHI) Batubara H. Bakhtiar Mogaza dalam sambutannya mengatakan bahwa peran IPHI adalah pembinaan baik pra haji maupun pasca haji, katanya. 

Ia menambahkan, bahwa penyelenggara manasik haji ini diatur dalam UU. No.13 Tahun 2008 Pasal 3 menyebutkan, untuk memberikan pembinaan, pelayanan dan perlindungan yang sebaik baiknya bagi jemaah haji sehingga jamaah haji dapat menunaikan ibadahnya sesuai dengan ketentuan ajaran Islam, terang H Bakhtiar Mogaza, S.Pd, M.Hum yang juga menjabat sebagai Ketua PC NU Batu Bara tersebut. 

Selain itu, menurut H Bakhtiar Mogaza, dengan adanya manasik haji yang dilaksanakan KBIHU Mahabbab Fadilatul Haramain kita berharap jemaah haji tahun 2023 dapat dilaksanakan prosesi haji dalam bentuk kemandirian dan Tim Pemandu Haji Indonesia (TPHI), sementara TPHI memberi pelayanan prima sebagai tanggung jawab bersama, ketus Ketua PD. IPHI Batu Bara. 

Sementara itu, Bupati Batubara diwakili Asisten Pemerintahan Russian Heri mengapresiasi pelaksanaan pembukaan manasik haji di KBIHU Mahabbah Fadilatul Haramain yang membantu pemerintah dalam pelayanan penyelenggaraan haji yang tidak lama lagi masuk musim haji. 

Karena itu pembekalan manasik haji menyongsong prosesi haji perlu dipersiapkan agar terhindar dari kendala dan jemaah haji Batubara tetap terjaga rasa kebersamaan, ujar Russian Heri. 

Ditempat yang sama, Kasi haji Kemenag Batubara Dra. Hj. Refiyanti, M.Si menekankan supaya calon jemaah haji 2023 yang ikut manasik di KBIHU agar menjaga kesehatan karena perjalanan haji lebih banyak dalam bentuk fisik dan segala informasi tentang administrasi akan disampaikan melalui KBIHU sebagai perpanjangan Kemenag, ujar Refiyanti. 

Kegiatan tersebut dihadiri Asisten Pemerintahan Pemkab Batubara, Camat Medang Deras, Kasi Haji Kemenag dan Ketua PD. IPHI Kabupaten Batubara, (Red).