Khutbah Jumat, H Mawarni Lubis "Tujuan Hidup Orang-orang Beriman"

BATU BARA | jelajahsumut.com, Khutbah jumat yang disampaikan oleh H Mawarni Lubis bertema "Tujuan hidup bagi orang-orang beriman". Dalam khutbahnya H Mawarni Lubis menyebutkan ada 3 tujuan hidup di dunia bagi orang-orang yang beriman, di Masjid Al Anshor dusun 1 Pelanggiran, Kecamatan Laut Tador, Batu Bara, Jumat (10/2/2023). 

Sebelumnya Khotib menjelaskan, tentang taubat dan keimanan, bahwa setiap Dosa dosa manusia akan diampuni oleh Allah SWT jika kita bertaubat, sementara Rasulullah SAW setiap malam beliau tahajjud untuk mendoakan ummatnya. 

"Iman artinya keyakinan, dan jika ada yang menyampaikan bahwa iman adalah pilihan, itu keliru jika iman pilihan maka orang-orang intelektual itu pasti semua memilih beriman,".

Sementara Allah lah yang memilih kita untuk menjadi beriman, tujuan hidup orang beriman ialah Allah, "robbana aatina fiddunya hasanah wa fil akhiroti hasanah waqina adza bannaar, itulah tujuan hidup orang beriman sesungguhnya,". 

Ia menceritakan bahwa suatu hari Rasulullah memberikan tausiyah kepada sahabatnya, dan meminta berjalan sesekali ke pantai dan celupkan jari tangan ke laut, tetesan air ditangan itulah ibarat dunia, yang hanya setetes. Jika engkau memilikinya hanya setetes, jika tidak mendapatkannya jangan bersedih sebab hanyalah setetes. 

"Lautan yang luas itulah akhirat, satu hari di akhirat sama dengan di dunia seribu tahun, jadi andaikata seratus tahun sengsara di dunia, jangan bersedih sebab tidak sampai sehari di akhirat dan itu sebentar,".

Dalam khutbah tersebut ia menyampaikan bahwa ada 3 tujuan hidup orang-orang beriman, secara garis besar disampaikan H Mawarni Lubis dalam khutbahnya. 

Pertama yaitu bahagia dunia dan akhirat. Rasul menyampaikan "bertaqwa kepada Allah dimana berada", Cinta kepada Allah adalah yang utama, apapun dan bagaimana pun situasinya taqwa hal utama, modal kita mendapatkan surga nya Allah. 

Kedua, memastikan diri untuk bertaubat, "jika kamu bersalah pastikan bertaubat, tidak ada orang yang tidak bersalah, orang orang yang bertaubat, insyaallah masuk surga orang yang berdoa dan bertaubat".

Ketiga, menjaga hubungan kepada Allah dan hubungan sesama manusia, sholat mengantarkan kita baik dengan Allah dan kepada manusia. Makna salam menghadap ke kiri dan ke kanan, hablum minallah wa hablum minan naas. 

"Andaikan kita banyak beribadah namun tidak baik kepada sesama manusia, ibadah kita tidak akan ada artinya, sebab Allah tidak butuh ibadah yang kita lakukan, namun lebih peduli kepada sesama," Khutbah H Mawarni Lubis, (Red).