Masyarakat Gambus Laut Antusias Ikuti Program Iva Test

BATU BARA | jelajahsumut.com, Untuk menjaga kesehatan masyarakat desa Gambus Laut Kecamatan Lima Puluh Pesisir khususnya bagi Ibu usia produktif, maka Pemkab Batu Bara melalui dinas kesehatan dan Pemdes Gambus Laut melaksanakan iva test yang digelar di kantor Balai desa Gambus Laut Kecamatan Lima Puluh Pesisir. Hal ini disampaikan Kades Gambus Laut Zaharuddin Selasa (31/1/2023). 

Kades Gambus Laut menyebut bahwa terkait program pemerintah iva test ini harus dijalankan sebaik-baiknya sebab ini terkait kesehatan dan keberlangsungan hajat hidup masyarakat, ujarnya. 

"Kita sudah lakukan monitoring terkait laporan iva test ini setiap dusun, sehingga ada 1 dusun yang kita berikan Surat Peringatan (SP) yang tidak memberikan laporan iva test nya, sehingga dapat menjadi contoh bagi dusun lain agar bekerja maksimal dalam sosialisasi dan pelaksanaan iva test ini," ucapnya. 

Foto: Puluhan masyarakat Gambus Laut usia produktif mengikuti pemerikaan iva test mencegah kanker rahim dan dampak lainnya. 

Selain itu Kades menghimbau kepada masyarakat Gambus Laut untuk mengikuti program kesehatan iva test ini, sebab sangat berguna bagi kesehatan ibu dan keluarga, dan hari ini lebih dari 50 ibu usia produktif mengikuti iva test di desa Gambus Laut, ujarnya. 

"Pemerintah sudah menggratiskan pemeriksaan kesehatan iva test ini kepada masyarakat, bayangkan jika diperiksa ke dokter atau klinik mungkin bayarannya besar, maka jangan disia siakan, dan program ini akan terus dijalankan" jelas Kades. 

Turut hadir Ketua TP PKK Gambus Laut, Kader Posyandu, Dinsos Batu Bara dan tim kesehatan Puskesmas Kedai Sianam, serta puluhan masyarakat Gambus Laut, (Red).