Panwas Desa Pahlawan Minta Petugas Teliti dan Cermat dalam Pemutakhiran Data Pemilih Pemilu Tahun 2024

Foto: Panwas Kelurahan Desa (PKD) Ardiansyah didampingi PPS Desa Pahlawan dan 15 Petugas Pantarlih berfoto bersama usai Pelantikan, Senin (12/2/2023). 

BATU BARA | jelajahsumut.com, Sebanyak 15 Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) sudah dilantik oleh Ketua PPS Desa Pahlawan Kecamatan Tanjung Tiram. Hal ini disampaikan Panwaslu Kelurahan Desa (PKD) Ardiansyah saat menghadiri proses pelantikan Petugas Pantarlih Desa Pahlawan Kecamatan Tanjung Tiram, di Aula Kantor Desa Pahlawan, Senin (12/2/2023). 

Ketua PPS disaksikan Panwaslu Kelurahan Desa (PKD) di Kantor Desa Pahlawan saat melantik dengan memasangkan rompi dan topi sebagai petugas Pantarlih. 15 petugas Pantarlih terlihat penuh samangat dan memiliki komitmen yang tinggi untuk mensukseskan salah satu tahapan penyelenggaraan yaitu Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) yang digelar 12 februari hingga 14 maret ini, untuk Pemilu tahun 2024 mendatang. 

Ketua PPS Desa Pahlawan Sawitri Umara Sembiring menyampaikan kepada petugas Pantarlih yang diamanah negara untuk melaksanakan tugas suci dan mulia, bekerja bersahaja dalam pemutakhiran data ini, ujarnya. 

Foto: Ketua PPS Desa Pahlawan Sawitri Umara mengalungkan bed nama sebagai identitas petugas Pantarlih kepada salah satu Petugas Pantarlih Desa Pahlawan. 

Sementara Pelantikan Pantarlih yang dilaksanakan PPS di Aula kantor Desa Pahlawan Kecamatan Tanjung Tiram, Batubara, Senin 12 Februari 2023 berjalan lancar, kondusif.

Disamping itu, Panwaslu Kelurahan Desa (PKD) desa Pahlawan Kecamatan Tanjung Tiram Ardiansyah menjelaskan bahwa berdasarkan amanat UU No. 7 Tahun 2017, Pasal 108 dan 110 bertugas mengawasi pelaksanaan tahapan penyelenggaraan Pemilu diantaranya Pemutakhiran Data Pemilih, Penetapan Daftar Pemilih Sementara (DPS), Daftar Pemilih Hasil Perbaikan (DPHP) dan Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Desa Pahlawan, ujarnya. 

Foto: Panwas Desa Pahlawan Ardiansyah ikut memasangkan topi kepada petugas Pantarlih desa Pahlawan sebelum bertugas ke lapangan. 

"Mari bersama kita sukseskan Pemilu tahun 2024, pemutakhiran data pemilih ini sangat penting sehingga harus teliti dan cermat dalam bertugas di lapangan, Saya sebagai pengawas pemilu akan mengawasi proses tahapan Pantarlih ini sesuai kewenangan dan domain Saya di Desa," ujarnya. 

Selanjutnya Andiansyah menyampaikan bahwa tentu hal ini harus dibangun dengan sinergitas diantara PPS dan Panwaslu Desa, sesuai tupoksi dan kewenangan masing-masing yang didasarkan koordinasi sekaligus didorong partisipasi aktif masyarakat, khususnya pemilih yang terdaftar di Desa Pahlawan, ujarnya mengakhiri. 

Ditempat yang sama, Kepala desa Pahlawan Syamsul mengucapkan selamat bertugas sebagai petugas Pantarlih Desa, semoga dapat menjalankan tugas dengan baik, dan sebagai petugas memiliki rasa tanggung jawab untuk mensukseskan Pemilu tahun 2024, ujarnya. 

Pantauan wartawan, Kegiatan Pelantikan dihadiri oleh PPK Tanjung Tiram, Anggota PPS, Panwas Desa, Perangkat Desa Pahlawan serta BPD dan tokoh masyarakat setempat, (Red).