IDI bersama Dinkes P2KB Batu Bara Gelar Peringatan Hari CTPS Sedunia, 120 Dokter Kecil Dikukuhkan Bunda PAUD

BATU BARA | jelajahsumut.com, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kabupaten Batu Bara bersama Dinas Kesehatan P2KB, menggelar peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) Sedunia, yang digelar di Lapangan Indra Sakti, Kecamatan Air Putih, Rabu (18/10/2023).

Dalam kegiatan itu, diawali dengan pelaksanaan lomba cuci tangan pakai sabun oleh siswa/siswi TK Negeri Pembina se-Kabupaten Batu Bara dan 12 TK swasta lainnya. 

Kegiatan dilanjutkan dengan pengukuhan 120 Dokter Kecil oleh Maya Indriasari sebagai Pokja Bunda PAUD Kabupaten Batu Bara didampingi Dinas Pendidikan Kabupaten Batu Bara. Selanjutnya secara serentak melakukan kampanye cuci tangan pakai sabun. Acara ditutup dengan pengumuman pemenang lomba CTPS sekaligus pemberian hadiah.

Acara dihadiri Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kabupaten Batu Bara dr. Omar Sazaly Aldy, Sp.A, Plt. Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana dr. Deni Syahputra, Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kabupaten Batu Bara Hj. Maya Indriasari, SE, Plt. Kepala Dinas Pendidikan Darwinson Tumanggor, para Kepala OPD Pemkab Batu Bara, ketua organisasi profesi dan ketua organisasi mitra PAUD serta tamu undangan lainnya.

Plt Dinkes P2KB dr. Deni Syahputra menjelaskan pentingnya hidup bersih dan menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar, salah satunya dengan menerapkan pola sederhana pencegahan dengan cara Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS), sebab kuman lebih cepat menular melalui aktivitas tangan, ujarnya. 

Disamping itu Bupati Batu Bara melalui asisten I Setdakab Batu Bara Rusian Heri mengatakan bahwa peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) Sedunia bertujuan untuk mendorong masyarakat agar menerapkan gaya hidup sehat dengan mencuci tangan pakai sabun dan mengingatkan betapa pentingnya mencuci tangan agar terhindar dari kuman dan sehat.

"Tema hari cuci tangan sedunia tahun ini menyerukan kepada pemerintah, institusi, hingga masyarakat untuk bersatu dalam tindakan untuk mencapai tujuan kebersihan tangan untuk kita semua," ungkap Rusian Heri.

Rusian Heri juga mengajak untuk membiasakan mencuci tangan pakai sabun dengan air yang mengalir sebagai sebuah gerakan bersama dan menjadi bagian dalam kehidupan sehari-hari. (red),