Kunjungi Kantor Disdukcapil Batu Bara, Tim Validasi IGA 2023 Nilai Inovasi DUKCAPIL HADIR DI DESA

BATU BARA | jelajahsumut.com, Disdukcapil Batu Bara dikunjungi Tim Validasi Innovative Government Award (IGA) 2023 dari Kementerian Dalam Negeri RI, dalam rangkaian penilaian langsung terhadap 2 inovasi yang diikutsertakan Pemerintah Kabupaten Batu Bara dalam ajang IGA 2023, salah satunya Inovasi 'Dukcapil Hadir Di Desa',  Senin (15/10/2023). 

Sebelumnya, Bupati Batu Bara, Ir. H. Zahir, M.AP, telah menyambut secara langsung Tim Validasi yaitu Plt. Dirjen Percepatan Pembangunan Daerah Tertinggal Kemendes PDTT, Rafdinal, S.Sos, MH dan Koordinator Substansi Teknologi Informasi Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri, Jonggi Tambunan, di Aula Rumah Dinas Bupati Batu Bara.

Setibanya di Kantor Disdukcapil, Rombongan Tim Validasi disambut hangat oleh Kadis Dukcapil, Maeda Soetopo, SSTP, MSP, Sekretaris Dinas, Hamdan, S.Pd, M.Si dan seluruh Kepala Bidang beserta Ketua Tim Substansi Disdukcapil.

Turut mendampingi Tim Validasi, Kadis PMD, Zamzamy El Wadiip, Kadis Kominfo, Edwin Aldrin Sitorus, Sekretaris Bappelitbangda, Ruzan Siswa Yudha beserta Kepala Bidang dan Tim Bappelitbangda.

Pada kesempatan ini, juga hadir Kepala Cabang PT. JNE Batu Bara, Daman Huri, dimana dalam pelaksanaan inovasi Dukcapil Hadir Di Desa, Disdukcapil bekerjasama dengan PT. JNE, dalam mengirimkan dokumen kependudukan kepada masyarakat dengan sistem cash on delivery atau COD.

Dalam kegiatan validasi ini, tim melihat secara langsung alur proses pelayanan dokumen kependudukan melalui inovasi Dukcapil Hadir Di Desa, dan memastikan materi yang disampaikan Bapak Bupati saat presentasi, sudah sesuai dengan kondisi di lapangan.

Selanjutnya Rombongan Tim Validasi, akan mengunjungi desa yang telah memanfaatkan layanan inovasi dimaksud, untuk memastikan inovasi ini benar telah dilaksanakan dan dimanfaatkan oleh masyarakat. (red),