Sambut Hari Santri Nasional Tahun 2023, KUA Tanjung Tiram Gelar Pembacaan Sholawat Nariyah

BATU BARA |  jelajahsumut.com, Kepala Urusan Agama (KUA) Kecamatan Tanjung Tiram menggelar pembacaan sholawat dan doa bersama untuk memperingati Hari Santri Nasional (HSN) Tahun 2023 yang dilaksanakan setiap tanggal 22 Oktober. 

Kegiatan dilaksanakan di Pondok Pesantren Tahfiz Sahabat Qur'an, Jalan besar Tinjauan dusun VII desa Sei Bejangkar, Kecamatan Sei Balai, Kabupaten Batu Bara, Sabtu malam (21/10/2023). 

Sementara Kepala KUA Tanjung Tiram H. Azmi Amingka, S.Ag, MM menyebutkan untuk peringatan hari Santri tanggal 22 Oktober 2023 besok, KUA Kecamatan Tanjung Tiram, akan melaksanakan 2 agenda kegiatan. 

Pertama acara sambut hari Santri yang dilaksanakan hari Sabtu Malam Minggu, tanggal 21 Oktober 2023, pukul 18.00 s.d selesai, Agenda kegiatan sholat Maghrib berjamaah, Pembacaan Sholawat Nariyah, Sholat Isya berjamaah, ujarnya. 

Selanjutnya, peringatan hari Santri yang dilaksanakan hari Ahad tanggal 22 Oktober 2023, pukul 07.30 s.d selesai, dilapangan sepak bola Blok 8 Kec. Lima Puluh, tegasnya. 

Menurut penuturan Kepala KUA Tanjung Tiram Azmi Amingka menjelaskan bahwa pembacaan sholawat Nariyah yang akan kita baca sebanyak 8.888 kali (2x4.444), karena KUA Tanjung Tiram wilayah kerjanya Tanjung Tiram dan Nibung Hangus, paparnya. 

"Jumlah peserta sebanyak 150 orang, terdiri dari Ka. KUA, Staff KUA, Penyuluh, Santri dan Wali Santri. Perorang membaca sholawat sebanyak 60x150 kali = 900, Pembacaan sholawat di lakukan secara berjamaah, yang di Pandu oleh Ustadz Zainal Abidin Simanjuntak, S.Pd.I," jelasnya. 

Dalam kesempatan itu hadir, Penyuluh Agama Islam Ustadz Edy Yanto, S.Ag menyampaikan tausiyah yang menyebutkan ada 3 fadilah membaca sholawat Nariyah, pertama dikabulkan segala doa, kedua dimudahkan segala urusan oleh Allah, dan ketiga rejeki tidak putus-putus melimpah ruah. 

Menurutnya dalam pembacaan sholawat Nariyah harus konsisten dan istiqomah, Allah akan memberikan rejeki yang tidak putus-putus, ucapnya. 

Keistiqomahan itu ibarat air yang segar, rejeki yang tidak putus putus akibat istiqomah, sebanyak amal kita Allah beri balasan di dunia. 

Ustadz Edy pun mengajak agar senantiasa membaca sholawat baik diperjalanan jauh maupun dekat, bacakan sholawat dan ayat-ayat Allah pasti akan dirasakan, urusan akan dimudahkan Allah, itulah kelebihan sholawat, sebutnya. 

Selain itu, Ustadz Edy juga mendoakan keselamatan Palestina yang saat ini mengalami masa-masa sulit dibandingkan puluhan tahun lalu, meminta kepada Allah segera selamatkan Palestina. "Dan saat ini kita hanya bisa berdoa namun tak berdaya Marilah kita amalkan sholawat Nariyah dan sholawat lainnya, tutupnya. (red),