Sebagai Lokasi Inovasi DUKCAPIL HADIR DI DESA, Tim Validasi IGA 2023 Kunjungi Desa Bogak

BATU BARA | jelajahsumut.com, Setelah mengunjungi Kantor Disdukcapil Kabupaten Batu Bara, Tim Validasi Innovative Government Award (IGA) 2023 dari Kementerian Dalam Negeri RI, melanjutkan rangkaian penilaian langsung terhadap inovasi 'Dukcapil Hadir Di Desa' dengan mengunjungi Desa Bogak Kecamatan Tanjung Tiram.

Tim Validasi yang berhadir yaitu Plt. Dirjen Percepatan Pembangunan Daerah Tertinggal Kemendes PDTT Rafdinal dan Koordinator Substansi Teknologi Informasi Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri Jonggi Tambunan, disambut antusias oleh Camat Tanjung Tiram, Junaidi dan Kepala Desa Bogak, Fazzary Akbar beserta masyarakat Desa Bogak yang berhadir.

Turut mendampingi Tim Validasi, yaitu Kadis Dukcapil Maeda Soetopo, Plt. Kadis PMD Zamzamy El Wadiip, Kadis Kominfo  Edwin Aldrin Sitorus, Sekretaris Bappelitbangda, Ruzan Siswa Yudha dan Kabid Rinov Bappelitbangda, Denni H. Bangun serta Kabid Inovasi Disdukcapil, Rahmat Hidayat.

Dalam kegiatan validasi ini, tim melihat secara langsung alur proses pengurusan dokumen kependudukan melalui Aplikasi Dukcapil Hadir Di Desa, sampai proses pencetakan dokumen kependudukan dan memastikan inovasi ini benar telah dilaksanakan dan dimanfaatkan oleh masyarakat.

Setelah meninjau proses pelayanan, dilanjutkan acara ramah tamah antara Tim Validasi dengan Pemerintah Desa dan Masyarakat Desa Bogak, serta acara penyerahan dokumen kependudukan yang telah selesai kepada masyarakat, yang diserahkan Plt. Dirjen PPDT, Koordinator BSKDN, dan Kepala OPD yang berhadir.

Untuk diketahui, saat ini sebanyak 51 Desa telah bekerjasama dalam layanan Dukcapil Hadir Di Desa, dan Desa Bogak terpilih sebagai Lokus Penilaian, karena Desa Bogak merupakan desa yang paling tinggi dalam memanfaatkan inovasi pelayanan ini. (Asrizal),