Tidak Berfungsi, Proyek Lampu Jalan Rp3.5 Miliar Dishub Batu Bara Dipertanyakan

BATU BARA | jelajahsumut.com, Proyek pengadaan Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU) serta tiang lampu pengadaan belanja modal lampu tidak bersuar senilai Rp3,5 miliar dipertanyakan masyarakat, Senin (16/10/2023)

Pasalnya, Pemkab Batu Bara menganggarkan di Sirup LKPP Kabupaten Batu Bara Rp3.526.600.100 dari pengadaan Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU) yang bersumber dari APBD Batu Bara T.A 2023 di Dishub Batu Bara.

Pekerjaan lampu LPJU, pengadaan dan pemasangan lampu sorot terpasang, hingga tiang LPJU pelaksanaan terhitung mulai 21 Januari hingga Desember 2023.

Namun lampu yang terpasang di Perkebunan Tanah Itam Ulu Kecanatan Datuk Lima Puluh yang dikerjakan sejak 21 Januari sampai Desember 2023 sudah mati, dan tiang LPJU yang terpasang tidak ada lampunya. 

Sementara ada 44 tiang yang dipasang untuk lampu penerangan jalan hanya ada 10 lampu yang terpasang, sedangkan 34 tiang lainnya terlihat kosong.

Mantan Plt Kadishub Berlin Hutabarat saat dikonfirmasi wartawan menjelaskan, "iya bang, itu ada 60 titik yang bermasalah, dan sudah dilakukan klaim garansi kepada penyedia, barangnya sudah ada, mungkin bulan ini sudah dipasang, " jelasnya.
 
Saat ditanya terkait penyedia barang dan jasa, Berlin menjawab, "bentar bang, lagi sama Kadis, nanti dicek dulu, "tutup berlin. (Tim),