Usai Upacara Hari Santri Nasional di Lima Puluh, Para Santri Ponpes Bersihkan Sampah Berserakan

BATU BARA | jelajahsumut.com, Peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2023 yang dilaksanakan bersama PC NU, Kemenag, MAN Batu Bara dan Pemkab Batu Bara berjalan tertib dan khidmat di Lingkungan Blok VIII Kelurahan Lima Puluh Kota Kecamatan Lima Puluh Batu Bara, Minggu (22/10/2023). 

Ada hal yang menarik terlihat pasca upacara dan rangkaian acara tersebut, yang dihadiri oleh santriwan dan santriwati se-Kabupaten Batu Bara. 

Tanpa intruksi khusus, terlihat pemandangan yang tidak biasa, para santri berbagai ponpes ikut membersihkan sampah yang berserakan disekitar lapangan tempat upacara berlangsung. Sehingga tidak ada lagi serakan atau tumpukan sampah yang merusak pemandangan. 

Hal ini dibenarkan oleh wakil ketua PC NU Batu Bara Iskandar, yang ikut hadir melihat santri bersama petugas  membersihkan sampah yang berserakan, sehingga acara belum selesai namun lapangan bersih seperti sediakala, ucapnya. 

"Inilah adab santri yang diajarkan, dengan kesadaran sendiri mereka membersihkan sampah yang berserakan tanpa intruksi khsusus siapapun," ucapnya.

Selain itu Iskandar menyebutkan dalam upacara inipun sangat tertib sekali, tidak ada sedikitpun suara bising atau ada yang duduk-duduk dibelakang, mereka tertib sekali, itulah adab para santri," tegas beliau. 

Sebelumnya peringatan upacara Hari Santri Nasional tahun 2023 ini dipimpin oleh Bupati Batu Bara yang dihadiri Pimpinan Pondok Pesantren se-Kabupaten Batu Bara, Ormas Islam dan lembaga lainnya berjalan khidmat, diiiringi pemberian piagam kepada pengurus Ponpes. (red),