Digagas MAFINDO dan Dewan Pendidikan Batu Bara, Ratusan Pelajar Pemilih Pemula Ikuti Edukasi Pemilu Tahun 2024

BATU BARA | jelajahsumut.com, Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (MAFINDO) menggelar pelatihan literasi digital melalui program Tular Nalar Sekolah Kebangsaan, kegiatan diikuti ratusan Siswa-siswi Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Limapuluh yang digelar di Aula Kantor Bupati Batu Bara, Senin (20/11/2023).

Tular Nalar ini sendiri merupakan program pelatihan literasi digital yang diinisiasi oleh MAFINDO yang muncul sebagai platform online pembelajaran utama yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan masyarakat dalam mengidentifikasi dan menyikapi berita hoax melalui literasi digital dan pemikiran kritis.

Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (MAFINDO) adalah organisasi nirlaba yang didedikasikan untuk memerangi  hoax yang berdiri pada tahun 2016.

Menjelang Pemilihan Umum tahun 2024 mendatang, Tular Nalar membuat kegiatan sekolah kebangsaan dengan memberikan edukasi tentang Pemilu 2024 kepada Siswa-siswi MAN 1 Lima Puluh Kabupaten Batu Bara sebagai peserta.

Sedangkan metode ini digunakan secara berkelompok dengan menghadirkan para fasilitator yang merupakan mahasiswa dan dosen.

Sementara dalam kesempatan itu, Mitra Tular Nalar, Ali Nafiah Bastian, SH menjelaskan bahwa pada sekolah kebangsaan ini, Siswa-siswi akan dibagi dalam beberapa kelompok yang berisi 10 orang, lalu mereka akan dihadapkan dengan masalah di media sosial.

Kemudian para Siswa-siswi akan memilih berita tersebut termasuk ke dalam hoax atau tidak. Sebelumnya, ikut para mahasiswa hadir memberikan edukasi terlebih dahulu terkait Pemilu dan Demokrasi," jelasnya.

Selain itu, Ali Nafiah juga menyebutkan bahwa kegiatan ini bertujuan agar para Siswa-siswi sebagai pemilih pemula Pemilu tahun 2024 dapat memahami dan lebih berhati-hati dalam menerima berita yang ada di media sosial, pungkasnya. 

Ditempat yang sama, Komisioner KPU Batu Bara Husnul Zen menjelaskan bahwa  tahapan menuju pemungutan suara Pemilu 14 Februari 2024 tinggal menghitung hari sehingga sebagai calon pemilih pemula harus cerdas dengan memastikan terdaftar di Daftar Pemilih Tetap (DPT) dengan cara cek DPT online, dan mengenali calon pemimpin yang akan dipilih, sebab pemilih pemula merupakan generasi Z yang cerdas dekat dengan teknologi.

Anggota KPU tersebut juga memberikan apresiasi yang tinggi kepada penggerak program yang diselenggarakan oleh Tular Nalar MAFINDO tersebut.

"Semoga kegiatan ini bermanfaat bagi generasi milenial atau generasi Z sebagai calon pemilih pemula yang ada di Kabupaten Batu Bara, agar mereka bisa cerdas dalam memilih pemimpin akan datang," ucap Husnul.

Disamping itu, Ketua Dewan Pendidikan Kabupaten Batu Bara Dr. H Agus Salim juga memberikan apresiasi kegiatan yang diselenggarakan oleh MAFINDO yang telah bekerjasama dengan Dewan Pendidikan Kabupaten Batu Bara sebagai wadah organisasi yang dipimpinnya. Ia pun berharap agar kegiatan ini terus berlanjut di Kabupaten Batu Bara. 

Dikesempatan itu, hadir juga Ketua Bidang Politik, Pendidikan dan Olahraga MD KAHMI Batu Bara Ramadan Siregar, beliau memberikan pemahaman kepada Siswa-siswi terkait apa itu informasi hoax dan dampak buruknya dalam sistem demokrasi di Indonesia.

"Dengan hastag Gen Z bisa milih, memastikan para Siswa-siswi yang sudah genap 17 tahun dapat memberikan hak suara pada pemilu tahun 2024, dan memahami mengenai sanksi-sanksi bagi pelaku penyebar informasi hoax," tandasnya. 

Sedangkan, menurut salah seorang Siswi MAN 1 Limapuluh yang juga mengikuti sekolah kebangsaan tersebut menyampaikan ucapan terimakasih atas kegiatan yang telah memberikan banyak pemahaman tentang Pemilu tahun 2024, sekaligus cara bagaimana menyikapi dan memerangi serta mengidentifikasi berita hoax yang beredar. 

"Terimakasih atas kegiatan ini, menurut Saya kegiatan ini sangat bermanfaat dan sangat seru, tentunya kami sebagai calon pemilih pemula bisa menambah wawasan tentang pemilu tahun 2024 dan mengantisipasi penyebaran informasi hoax," ucapnya dengan semangat. (Asrizal),