Dihadiri 120 Peserta, PWI Sumut Gelar Pelatihan Jurnalistik dan Orientasi Anggota Muda PWI Sumut di Brastagi

KARO | jelajahsumut.com, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumatera Utara melaksanakan kegiatan Pelatihan Jurnalistik dan Orientasi Organisasi Anggota Muda PWI Sumut dengan Tema "Meningkatkan kualitas pendidikan dan semangat berorganisasi Anggota PWI Sumut,". Acara dilaksanakan selama 2 hari 15-16 November di Hotel Rudang Berastagi, Rabu (15/11/2023). 

Ketua panitia pelaksana Sugiatmo, S.Ag menyebutkan bahwa kegiatan ini sudah lama tidak dilakukan, maksud tujuan dilaksanakan pelatihan dan orientasi organisasi ini agar seluruh anggota PWI memahami organisasi PWI tersebut, sekaligus memberikan pembekalan dalam melaksanakan tugas-tugas jurnalistik, dan anggota PWI harus paham rambu-rambu dalam melaksanakan kegiatan jurnalistik. 

Dalam sambutannya ketua panitia juga menyampaikan bahwa acara dihadiri oleh peserta 120 orang anggota PWI, ketua perwakilan PWI daerah se-Sumut, menyoal materi akan disampaikan materi keorganisasian yang diisi oleh ketua bidang organisasi, kePWIan akan disampaikan Sekretaris PWI Sumut. 

Disamping itu, Ketua PWI Sumut H Farianda Putra Sinik menjelaskan 10 program PWI Sumut, diantaranya melakukan pendidikan pelatihan jurnalistik. Dan bagi anggota PWI ada jaminan ketenagakerjaan, jika kecelakaan atau sakit diobati sampai sembuh, sampai keluarga yang ditinggal meninggal pun akan ditanggung, selain itu akan diberikan pendampingan hukum, semua akan diupayakan sehingga menjadi anggota PWI akan bermanfaat, tegas Ketua PWI Sumut. 

Farianda menyebutkan bahwa kegiatan ini juga bertujuan membangun silaturrahmi sesama anggota muda, agar saling dikenal di Sumatera Utara, meningkatkan silaturrahmi dan ilmunya ada. Pokoknya disana senang disini senang. Terkait untuk konfrensi saja saya tidak mau ada persoalan, saya lebih senang aklamasi saja, kita tidak inginkan persoalan apalagi berlarut-larut, ucapnya. 

"Anggota PWI Sumut saya akan masukan BPJS Ketenagakerjaan, Saya melihat semangat kawan-kawan hari ini luar biasa, saya berharap jangan pertemuan ini sia-sia, saudara menerima kartu sehingga bermanfaat bagi saudara-saudara," ujar Farianda. 

Selain itu, kegiatan ini untuk menciptakan rasa memiliki organisasi PWI, tolong ikuti secara seksama, menciptakan kekompakan sekaligus menambah wawasan. 

Selanjutnya Farianda menegaskan bahwa kedepan ketua PWI harus anggota biasa, Saya tidak izinkan PWI Sumut diintervensi kecuali melanggar aturan, melanggar PD/PRT. Terkait UKW semua kita harus UKW tidak ada tawar menawar, anggota biasa pun kalau tidak UKW akan dicabut kartunya, tegasnya. 

Turut hadir, Asisten III Agus Andika Tarigan, S.Sos mewakili Bupati Kabupaten Karo, Ketua PWI Sumut H Farianda Putra Sinik, SE, Kapolres Karo, diwakili Kabagren Kompol H Matondang, SH, MH. (Asrizal),