Peduli Stunting, Kadinkes Batu Bara Sosialisasi dan Edukasi Dapur Sehat Dahsyat

BATU BARA | jelajahsumut.com, Kepala Dinas Kesehatan dr. Deni Syahputra memberikan edukasi dan Sosialisasi di Aula Kantor Desa Jaya Kecamatan Tanjung Tiram, Jumat (24/11/2023).
 
Sebagai langkah dalam percepatan Penurunan angka Stunting, Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Sumatera Utara bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Batu Bara melalui Dinas Kesehatan, mengadakan Sosialisasi dan Edukasi Dapur Sehat Dahsyat, Kampung Keluarga Berkualitas (KB).

Dapur Sehat Dahsyat adalah pemberdayaan masyarakat dalam upaya pemenuhan gizi seimbang kepada keluarga beresiko Stunting. Bagi keluarga kurang mampu melalui pemanfaatan bahan lokal daerah dengan pemberian makanan tambahan (PMT) kepada ibu hamil dan menyusui serta keluarga yang mempunyai anak balita yang mengalami kekurangan energi kronik (KEK).

Saat ini di Kabupaten Batu Bara sudah ada 9 Desa Kampung (KB) salah satunya, Desa Suka Jaya Kecamatan Tanjung tiram Kabupaten Batu Bara, terang Kepala Dinas Kesehatan dr. Deni Syahputra, saat membuka Kegiatan Dapur sehat Dahsyat Kampung KB Desa Suka Jaya, Jumat (24/11/2023).

"Kegiatan ini bertujuan pemberdayaan kelompok masyarakat kampung Keluarga Berkualitas (KB), dan Desa Suka Jaya ini terpilih sebagai kampung berkualitas. Dan ini akan terus ditingkatkan dengan bersosialisasi dan koordinasi kepada kepala Desa, apabila Desa tersebut sudah masuk dalam kriteria sesuai ukuran," tambahnya.

Untuk menuntaskan Stunting tidak bisa hanya Dinas kesehatan saja, namun sangat diharapkan ada kerjasama dan Koordinasi dari semua pihak, dan kepada masyarakat pun diharap terus menjaga kebersihan lingkungan, pintanya.

Selain Kepala Dinas Kesehatan dan TP-PKK Kecamatan Tanjung Tiram, serta keluarga beresiko Stunting kegiatan ini juga dihadiri perwakilan BKKBN Provinsi, Ahli gizi, dan hadir juga penyuluh KB, Satgas Stunting PLKB, PPKB Kabupaten Batu Bara. (red),