Komitmen Bersama Dinsos PPPA Batu Bara Jalankan Program Pemerintah, Ini Sosok Ketua IPARI Alpian

BATU BARA | jelajahsumut.com, Siapa yang tidak kenal sosok Ketua PD IPARI Kabupaten Batubara Alpian, S.Sos.I, MH.I yang sudah malang melintang didunia pergerakan dan pers, bahkan dalam membangun peradaban ummat dan mencerdaskan masyarakat khususnya di Kecamatan Lima Puluh. 

Alpian berangkat dari jurnalis sebagai wartawan media nasional Analisa kemudian menjadi ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Batu Bara selama 2 periode, dan pernah menjadi Ketua Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Kabupaten Batu Bara sekaligus pendamping PKH, bahkan ia pernah menjadi pakar ahli DPRD Batu Bara.

Dan saat ini Alpian aktif membangun ummat dalam wadah berbeda dengan slogan "Ikhlas Beramal" dari Kemenag. Dengan menjadi Penyuluh Agama Islam, Alpian didaulat sebagai ketua Ikatan Penyuluh Agama Islam (IPATI) Kabupaten Batu Bara yang semakin visioner dalam menjalankan tugasnya di wadah tersebut. 

Alpian menginisiasi kerjasama dengan Dinsos dalam menjalankan empat program prioritas pemerintah dimaksud serta membangun komitmen publik dalam kegiatan pencegahan dan penurunan stunting secara terintegrasi dengan melibatkan mereka.

Selanjutnya Alpian menuturkan terkait pertemuan ini menindaklanjuti Surat Edaran (SE) Menteri Agama RI Nomor 2 tahun 2024 Tentang Pelaksanaan Tugas Penyuluhan Agama dan Penghulu dalam mendukung program prioritas pemerintah untuk memperkuat ketahanan ekonomi, penanggulangan kemiskinan serta meningkatkan kesehatan masyarakat dan melestarikan lingkungan hidup. Oleh karena itu penyuluh agama berperan aktif melakukan sosialisasi dan edukasi.

"Apa lagi Dinas Sosial melalui pendamping PKH dinilai telah mengabdi untuk ummat dan diharapkan pihaknya (penyuluh agama) bisa dilibatkan bersama setiap kegiatan dan difokuskan di kecamatan" ujar Alpian. 

Sebelumnya, Dinas Sosial dan Pemberberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Kabupaten Batubara menerima audiensi Pengurus Daerah Ikatan Penyuluh Agama Republik Indonesia (IPARI) dalam mendukung program prioritas pemerintah. Pertemuan digelar di Kantor Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan/Anak Kabupaten Batubara di Perupuk Kecamatan Limapuluh Pesisir, Selasa (30/04/2024).

Turut hadir PD IPARI Kabupaten Batubara yang terdiri Ketua Alpian, Wakil Ketua Akbar Syahdan Nst, M. Yusuf Tanjung, Sekretaris M. Hafiz Munawir, Bendahara Hanafi Zein dan anggota.

Kadis Sosial dan Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak melalui Sekretaris Mukhlis Syahputra didampingi Evi (Kabid), Koordinator PKH, Suhendri dan anggota menegaskan, pihaknya siap mendukung dan berkolaborasi dengan  IPARI dalam menjalankan program prioritas pemerintah, sehingga tepat sasaran sebagaimana harapan terkait penanggulangan kemiskinan maupun stunting.

"Ini sudah bagian dari tanggungjawab bersama untuk menjalankan. Apakah bekerjasama dengan pendamping PKH nantinya" ujar Mukhlis.

Selain itu penanganan masalah anak dan perempuan yang telah didukung dengan KUPT Dinsos sebagai pelayanan pengaduan. Kerjasama ini diharapkan dapat mempererat hubungan lebih baik lagi ditengah-tengah masyarakat melalui peran IPARI, tutup Mukhlis. (Red),