Gerak Cepat Pemkab Batu Bara Susun Rencana Atasi Tanggul Sungai Dalu-dalu


BATU BARA | Jelajahsumut.com, Guna mempercepat penyelesaian tanggul Sungai Dalu - dalu yang hampir jebol. Pemerintah Kabupaten Batu Bara menyusun rencana penanganan perbaikan tanggul Sungai Dalu - dalu di  Aula Kantor Bupati, Rabu (10/07/2024). 

Penyusunan perencanaan tersebut dibahas dalam rapat bersama Pemerintah Provinsi Sumatera Utara yang dipimpin langsung Sekretaris Daerah Norma Deli Siregar. 

Tidak hanya rencana penanganan perbaikan tanggul Sungai Dalu - dalu, Pemerintah Kabupaten Batu Bara juga membahas perencanaan perbaikan pintu Bendungan Sungai Cinta Maju/Cinta Damai dan normalisasi Sungai Gambus.

Perbaikan tanggul harus segera dikerjakan mengingat tanggul Sungai Dalu-dalu sudah dalam kondisi sangat kritis, hanya tinggal beberapa meter saja dikarenakan pada saat ini sering turun hujan. Jika ini terus dibiarkan, tanggul Sungai Dalu-dalu akan jebol dan mengakibatkan banjir besar yang merendam Desa Suka Raja. 

Dalam rapat tersebut, Pemerintah Kabupaten Batu Bara juga membahas rencana normalisasi Sungai Dalu-dalu yang berada di Dusun Jati Desa Tanah Tinggi. Untuk dilakukan pengerukan sungai agar saluran air yang terintegrasi ke aliran sawah Desa Suka Raja dapat kembali normal. 

Disampaikan Sekda Norma Deli Siregar, bahwa Pemerintah Kabupaten Batu Bara telah berupaya keras untuk penyelesaian penanggulangan awal masalah pada tanggul Sungai Dalu-dalu, pintu bendungan Cinta Damai dengan menurunkan alat berat dan meminta bantuan CSR perusahaan - perusahaan di Kabupaten Batu Bara. 

Selanjutnya, Sekda Norma Deli Siregar mempertanyakan kepastian Pemerintah Provinsi Sumatera Utara merealisasikan perbaikan tanggul sungai Dalu-dalu, perbaikan pintu bendungan Cinta Damai, jaringan irigasi di Tanjung Muda dan tebing Sungai Pare-pare yang sudah lama diajukan. 

Menurutnya, apabila permasalahan - permasalahan yang terjadi di sungai Kabupaten Batu Bara tidak diselesaikan dengan cepat. Maka bisa mengakibatkan banjir dan kekeringan sawah karena air tidak bisa mengalir yang dapat merugikan masyarakat. 

Dalam hal ini, Pemerintah Kabupaten Batu Bara memohon kepada Pemerintah Provinsi Sumatera Utara untuk segera memberikan bantuan penanganan antisipasi awal perbaikan tanggul Dalu-dalu seperti bantuan untuk pondasi cerucuk dari batang  pohon kelapa dan pemberian sand bag (kantung pasir). 

Sementara itu, Kepala UPTD PUPR Tanjung Balai Perwakilan Provinsi Sumatera Utara Zivo Madresty menjelaskan bahwa Pemerintah Provinsi Sumatera Utara telah mendesain dan akan segera mengucurkan dana pada tahun ini untuk memperbaiki tanggul Sungai Dalu-dalu. 

Turut hadir Asisten 2 Bambang, Kabid Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD Provsu Zulham, Kepala UPT Dinas Sosial Provsu Evi Zarnita, Kadis Sosial, Kadis Kominfo, Kepala BPBD, Camat Lima Puluh, Camat Air Putih, Kades Suka Raja, Kades Simpang Gambus dan Kades Cinta Damai. (Asrizal),