Pertahankan Haji Mabrur, MTP IPHI Batu Bara Rutin Adakan Pengajian



BATU BARA | Jelajahsumut.com, Dalam mempertahankan dan meraih Haji Mabrur yang tidak ada balasan hanya Syurga, Ikatan Persaudaraan Haji Majelis Taklim Perempuan Batubara bekerjasama dengan PC. MTP IPHI Kecamatan Nibung Hangus menggelar pengajian dengan thema "Arafah memberangus sifat keangkuhan dan membumikan semangat silaturrahmi," di Pantai Sejarah Perupuk, Kecamatan Lima Puluh Pesisir, Sabtu (27/07/2024). 

Dra. Hj Ratni dalam Tausyiah mengatakan, sesuai motto IPHI Haji sepanjang hayat, tidak ada alasan kita untuk tidak berperan, dan prosesi haji yang kita laksanakan bukan predikat yang dibanggakan tapi apa yang bisa diri kita abdikan kepada Allah dan sesama manusia terutama kepekaan sosial terhadap lingkungan masyarakat, bangsa dan negara, ujarnya. 

Selanjutnya dijelaskan Hj Ratni bahwa Armuzna yang sudah kita lalui sebagai napak tilas Rasulullah diarena perjuangan dapat dijadikan pembelajaran sebagai berikut;

1. Di Arafah semua jemaah haji berpakaian Ihram tanpa kecuali tidak mengenal status/ jabatan bahwa kedudukan sama dimata Allah. Keangkuhan, kesombongan, kemewahan tidak ada arti diberangus oleh Allah Maha Absolut, إياك نعبد وإياك نستعين dan mohon ampun kepada Allah mencurahkan air mata. 

2. Di Muzdalifah mabit bersama menunggu waktu ke Mina. Terbayang manusia berkumpul dengan pola dan tingkah menunggu nasib peruntungan yang seolah di Mahsyar, لا حول ولا قوة الا بالله العلي العظيم. 

3. Di Mina jemaah berpakaian Ihram dengan semangat pengorbanan melakukan jumaratul Ula sebagai bentuk perjuangan melawan sifat keegoan diri kembali menjadi diri yang fitri dan paripurna serta menumbuhkan semangat kebersamaan,kekeluargaan dan silaturrahmi membangun keutuhan nilai Islami, ujarnya. 

Dalam kesempatan itu, Ketua Majelis Taklim Perempuan IPHI Batubara Dra Hj. Junaidah dalam sambutannya mengemukakan melalui wadah IPHI berhimpunya haji dan hajjah kita abdikan diri merajut silaturrahmi dan peran serta dalam keummatan sebagai pelopor yang membutuhkan kepedulian masyarakat.

"Ikutnya kita meluangkan waktu untuk kegiatan secara semarak dilaksanakan dan itu sudah termasuk berperan meraih haji mabrur dan mabruroh, ujar Bunda Ketua biasa ia disapa. 

Sementara menurut Ketua PD. IPHI Kabupaten Batubara H. Bakhtiar Mogaza dihubungi koresponden melalui whatsapp berada diluar mengatakan kegiatan pengajian rutin yang bersifat berkala dilakukan MTP. IPHI adalah memberi pencerahan kepada jemaah di kecamatan agar terjalin rasa ukhhuwah dan komunikasi dalam kepekaan sosial haji berbagi rasa sesama dalam kehidupan.

Sebelumnya, kegiatan ini diawali penyerahan bingkisan kepada anak yatim dan usainya jemaah mengeluarkan makanan yang dibawa makan bersama menambah keakraban dan teringat di Arafah, Mina nasi kotak yang diberikan sebagai bentuk kebersamaan, ujar Bunda Mahyun, S.Ag dan Bundam Hj. Nur Asia Sirait Pengurus MTP. IPHI Batubara. (Red),