PD. IPHI Berikan Apresiasi dan Plakat Penghargaan kepada Pj. Bupati Batubara


BATU BARA | Jelajahsumut.com, Pengurus Daerah Ikatan Persaudaraan Haji (IPHI) Kabupaten Batu Bara mengikuti acara tampung tawar haji yang digelar Pemkab Batubara, tradisi tampung tawar ini merupakan kearifan lokal dan ciri khas budaya melayu Batubara yang berkah. Hal ini dikatakan Ketua PD. IPHI Kabupaten Batubara sekaligus sebagai Petugas Haji Daerah (PHD) KNO 11 H. Bakhtiar Mogaza, S.Pd, M.Hum, Rabu (17/07/2024). 

Selain itu H. Bakhtiar juga memberikan atensi dan apresiasi dalam bentuk plakat penghargaan kepada Pj. Bupati Batubara H. Heri Wahyudi, S.STP, M.AP dan Kakan kemenag Batubara. 

Pasalnya, menurut H Bakhtiar dalam penyambutan pemulangan jemaah haji Batubara di Asrama haji lalu, Pj Bupati Heri memperlihatkan sikap kepedulian dengan memberikan atensi kepada jemaah Haji salah satunya menyediakan konsumsi ditempat duduk jemaah dan berbaur dengan Petugas Haji Daerah (PHD). 

Selain itu, Pj Bupati juga membantu lansia dengan mendorong menggunakan kursi roda menuju bus untuk pemulangan ke Lima Puluh Kabupaten Batu Bara, serta membawakan koper besar salah satu jemaah lansia untuk pulang masing-masing dijemput keluarga dengan dikawal serta diamankan Polsek Jajaran wilayah Polres Batubara, ucapnya. 

"Buatlah yang baik akan dibalas Allah lebih baik," ujar Ketua PD. IPHI Batubara didampingi jemaah haji Batubara tergabung KNO 11 penuh keguyuban Omnia bona bonis, PHD Sumut Dr. H Ahmad Sampurna Rambe, MA dan KBIHU Al Mukhlisin Dr. Muhammad Nasir, Lc, MA. 

Ketua PD. IPHI Batubara itu pun mengajak duyufurrahman yang baru pulang dari tanah suci Makkah untuk berhimpun di IPHI sebagai wadah komunikasi dalam merajut ukhuwah dan peran serta memberikan kontribusi pemikiran terutama kepedulian terhadap lingkungan dan kepekaan sosial dalam konteks" خير الناس أنفعهم للناس sebagai implementasi haji mabrur/ mabruroh mewujudkan Batubara Berkah.

Dalam kesempan itu juga, Pj Bupati Batubara H. Heri Wahyudi Marpaung, S.STP, M.AP dalam sambutan mengatakan tampung tawar yang kita laksanakan adalah rasa syukur kepada Allah yang mana jemaah haji kita Batubara berangkat dan pulang dari tanah suci Makkah dalam melaksanakan rukun Islam ke lima keadaan selamat, ujarnya. 

Selanjutnya, pembelajaran semangat kebersamaan road show Armuzna dapat dijadikan tujuan cita-cita terutama peran serta haji bersama Pemkab mewujudkan  Batubara menjadi lebih baik, paparnya, (Red),