Dihadiri Pj Bupati dan Ketua PD. IPHI Batu Bara, KBIHU Mahabbah Fadilatul Haramain Gelar Bimsik Haji


BATU BARA | Jelajahsumut.com, KBIHU Mahabah Fadilatul Haramain kecamatan Medang Deras menggelar Pembukaan Manasik Haji di Mesjid Alqashah Nurul Islam Desa Pakam Raya, yang dihadiri 100 calon haji dan hajjah sebagai Duyufurrahman, Rabu (11/09/2024). 

Kita berharap materi yang diajarkan kepada calon jemaah haji harus pleksibel dan universal serta tidak terlepas dengan dinamika dan ketentuan perhajian Saudi Arabia.

H. Bakhtiar Mogaza, S.Pd, M.Hum Ketua PD.IPHI Kabupaten Batubara dalam sambutan mengatakan, mengapresiasi KBIHU Mahabbah Fadilatul Haramain melaksanakan bimbingan manasik haji bagi calon haji dan hajjah sebagai Duyufurrahman yang akan berangkat 2025 agar prosesi haji yang dilaksanakan, merupakan kewajiban dalam seumur hidup hanya sekali sesuai dengan ketentuan.

Untuk itu kita minta Kemenag Batubara agar KBIHU yang mandiri merupakan patner dalam bimbingan haji harus mengacu pada bimsik yang terintegrasi, ujar Ketua PD.IPHI Batubara.

Masalah murur patut dijadikan bahan ajar dimateri bimsik bagi calon jemaah haji di Armuzna karena adanya jemaah risti dan disabilitas. 

Sedangkan Pj. Bupati Batubara H. Heri Wahyudi Marpaung, S.STP MAP dalam bimbingan arahan, merasa bangga kepada KBIHU Mahabbah Fadilatul Haramain yang dipimpin Al Ustaz Fadly S.PdI antusias calon jemaah  haji dan hajjah hadir mengikuti penuh keceriaan dengan panggilan Ka'bah " Labbaikallahumma labbaik".

"Hadirnya Ketua PD. IPHI Batubara menunjukkan ikut berperan mendukung program Pemkab Batubara. Untuk itu tolong do'a kan oleh Pak Ketua PD. IPHI Batubara terutama Bapak dan Ibuk calon haji dan hajjah selaku saya Pj. Batubara sehat dan amanah yg diberikan dapat  dilaksanakan dengan prinsip sebaik manusia bermanfaat untuk sesamanya," ujarnya.

Mengakhiri arahan dan bimbingan, Pj. Bupati Batubara dengan rasa kepedulian terhadap calon haji dan hajjah menggratiskan pemeriksaan kesehatan dan Insya Allah akan memberikan  penali kasih kepada calon jemaah haji yang berangkat 2025, dan ingatkan pak Kabag Kesra saya, ujar H. Heri Wahyudi Marpaung.

Acara ini juga Pj. Bupati Batubara menyantuni anak yatim piatu dan kegiatan dihadiri oleh Asisten bidang Pemerintahan Pemkab Batubara  Kabag Kesra, Camat Medang Deras, Camat Laut Tador diwakili Sekcam, Kasi PHU Kemenag Batubara dan Kerua BKM Alqashah Nurul Islam Pskam Raya. (Red),