Germas di MTS Darussalam, Upaya Dinkes PPKB Batu Bara Cegah Stunting dan Jaga Kesehatan Reproduksi Kalangan Remaja


BATU BARA | zabara.id, Pemkab Batu Bara melalui Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Batu Bara menggelar kegiatan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) dalam mencegah Stunting dan Aksi Bergizi di Sekolah MTS Darussalam Desa Durian Kecamatan Sei Balai Kabupaten Batu Bara, Jumat (31/08/2024). 

Kadis Kesehatan PPKB Batu Bara diwakili Kabid PKM dr Abdul Fuad Helmi menyebutkan bahwa Aksi Bergizi dan Gerakan Cegah Stunting melalui Edukasi Kesehatan Seksual dan Reproduksi serta Gizi pada Remaja di MTS Darussalam merupakan program Pemkab Batu Bara. 
 
Selanjutnya dijelaskan Fuad, Aksi Bergizi merupakan upaya strategis dalam meningkatkan kepatuhan konsumsi TTD (Tablet Tambah Darah) pada remaja putri yang juga merupakan salah satu indikator layanan intervensi gizi spesifik dalam percepatan penurunan stunting. Aksi Bergizi juga merupakan upaya membudayakan kebiasaan sehat bagi siswa supaya menggemari aktifitas fisik, juga membiasakan konsumsi makanan bergizi, ujarnya. 

Dinas Kesehatan PPKB Batu Bara juga mengadakan di sekolah-sekolah lainnya diwilayah Kebupaten Batu Bara, kegiatan Aksi Bergizi dan Gerakan Cegah Stunting melalui Edukasi Kesehatan Seksual dan Reproduksi serta Gizi pada Remaja, serta sarapan sehat bersama bersama seluruh siswa dan guru di sekolah tersebut.

Sebelumnya, narasumber diisi dengan sosialisasi oleh dr. Abdul Fuad Helmi menyampaikan materi terkait gizi pada Remaja. Kegiatan ditutup dengan minum tablet tambah darah bersama. (Red),